Tugas Bahasa Indonesia (Bulan Mei) tentang Pemenggalan

Tugas : Menganalisis makalah yang bertopik “Suatu Model Kaidah Pemenggalan Suku Pertama pada Kata Bahasa Indonesia” dengan judul “Kasus Pada Huruf Awal B”.

Hal yang pertama kita analisis adalah topik dari sebuah karya tulis, dalam hal ini yaitu tentang “ Suatu Model Kaidah Pemenggalan suku Pertama pada Kata Bahasa Indonesia” menurut saya topik tersebut sudah spesifik. Lalu pada judulnya lebih menerangkan bahwa karya tulis tersebut berupa analisis singkat.

Selanjutnya pada bagian pendahuluan pada awal kalimat terdapat kesalahan dalam pemilihan kata, yaitu pada kata “Sejak komputer berhasil diciptakan orang” seharusnya kata ‘orang’ diganti dengan kata ‘manusia’. Kemudian pada baris selanjutnya kalimat ‘alat penerjemah bahasa’ ada kesalahan struktur ejaa, yaitu pada kata ’penerjemah’ seharusnya adalah penterjemah. Analisi yang berikutnya adalah di bagian kedua pada kalimat ‘komputer diharapkan dapat dengan tanpa keliru memenggal suku pertama’.

Pada kalimat tersebut terdapat kesalahan dalam penyusunan kalimat, seharusnya ditulis ‘komputer diharapkan tidak keliru memenggal suku pertama’. Dan juga pada baris selanjutnya pada kalimat ‘yang terdiri atas empat atau lebih huruf’ seharusnya tertulis ‘yang terdiri atas empat huruf atau lebih’.

Dan juga pada bagian tinjauan pustaka telah terjadi penggunaan bahasa yang tidak tepat dan penulisan kalimat yang terlalu panjang (tidak ada subjek dan predikat), dan juga penyebutan sumber artikel berungkali sangat tidak efisien.

Selanjutnya pada bagian isi menurut analisis saya tidak ada kesalahan pada ejaan maupun kalimat.

Posisi berikutnya yaitu kesimpulan terdapat kesalahan pemilihan kata, yaitu pada kalimat ‘kata yang berawal dengan huruf  bukan b dapat dipenggal melalui peletakan tanda suku’ kata ‘peletakan‘ seharusnya diganti kata ‘pemakaian’.

Analisis bagian pustaka,

Sumber yang berasal dari internet menggunakan huruf miring(italic)

Pada urutan ke-4 terdapat kesalahan penempatan tahun yang seharusnya di letakan tidak diakhir kalimat. Karena akhir kalimat adalah posisi untuk kota penerbitan suatu karya tulis. Ternyata sebagian besar penulisan daftar pustaka salah, dikarenakan meletakan tahun penerbitan karya tulis diakhir kalimat.

Pada penulisan biodata penulis , tidak ada kesalahan. Hanya saja penulisan riwayat hidup penulis sangat ringkas.

Sekian dan terima kasih

Anggota Kelompok :

Nama :  1.  Budi Setiawan (NPM 10108443)

                2.  Hapit Hidayat (NPM 10108908)

Kelas : 3 KA 14

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: