Tip Pilih Web Hosting untuk Blog Pribadi

Seiring dengan berjalannya waktu, kebayakan blogger yang sudah malang melintang di dunia blogosphere akan mulai mempertimbangkan untuk memiliki domain dan web hosting sendiri—tidak lagi bergantung pada layanan gratisan. Ketentuan dari tiap-tiap layanan berbeda-beda, lho. Blogger (www.blogger.com) misalnya, memungkinkan Anda menggunakan nama domain sendiri namun hostingnya tidak bisa diganti. Sedangkan WordPress (WordPress.com) dibolehkan memilih nama domain dan hosting mereka sendiri.

Dengan memiliki hosting berbayar sendiri, pengguna WordPress tentunya bisa lebih banyak berkreasi ketika memodifikasi theme serta menggunakan berbagai plug-in untuk memaksimalkan fitur dan kemampuan blog engine WordPress. Nah, jika Anda kebetulan memanfaatkan layanan WordPress, tahukan Anda hal apa saja yang perlu dipertimbangkan ketika memilih hosting berbayar untuk blog? Berikut beberapa faktor yang patut jadi bahan pertimbangan.

  • Sistem Operasi

Secara umum, ada dua sistem operasi yang lazim ditawarkan yakni Linux/Unix dan Windows. Baiknya, pilih saja server Linux karena harganya akan lebih murah. Linux juga dikenal tangguh dan stabil dalam menangani server. Selain itu, ia mendukung pula modul PHP dan MySQL yang dibutuhkan oleh WordPress secara penuh.

  • Kapasitas

Sebagai langkah awal, minimal pilihlah kapasitas lebih dari 10MB. Jangan kurang dari itu. Kapasitas ini bisa Anda tambah di kemudian hari jika memang dibutuhkan.

  • Bandwidth

WordPress merupakan CMS blog yang cukup banyak memakan bandwidth. Sebagai permulaan, pilihlah bandwith minimal 1Gb. Untuk pengunjung antara 400-500/hari, gunakan  minimal 5Gb. Intinya, sesuaikan saja kapasitasnya dengan jumlah pengunjung blog Anda.

  • Harga

Pilihlah paket hosting dengan harga yang masuk akal. Mulailah dengan melihat spesifikasi fitur dari daftar harga yang paling murah. Jangan mudah tergiur oleh berbagai fitur dengan kapasitas tinggi namun tidak akan Anda pakai secara maksimal karena pengunjung blog masih sedikit.

  • Lokasi server

Jika blog Anda berbahasa Indonesia dan mengharapkan pengunjung dari Indonesia, maka sewalah hosting di server Indonesia. IDWebhost dan Master Web Network adalah pilihan yang pantas dijajal. Dengan menggunakan server dalam negeri, blog Anda bisa lebih cepat diakses dan peringkatnya di mesin pencari juga dapat lebih baik.

  • Fitur penting lainnya

Hosting yang menggunakan Cpanel biasanya memiliki fasilitas Fantastico yang dapat memudahkan  penggunanya mengupgrade CMS WordPress ke versi terbaru. Fitur ini  akan sangat bermanfaat bagi para pemula yang tidak ingin repot.

  • Kredibilitas perusahaan

Jangan mudah tergiur oleh harga murah, fitur canggih, diskon dan berbagai tawaran menarik lainnya. Mintalah saran dan pendapat dari sesama blogger tentang web hosting yang ingin Anda sewa. Cara paling mudah adalah dengan mengumpulkan informasi melalui forum online di Internet. Siapa tahu hosting yang dulunya bagus, kini performa dan layanannya menjadi kurang memuaskan setelah sekian lama.

(disalin dari (www.dhinata.com)

4 Tanggapan

  1. sangat membantu😀

  2. thanks gan tips nya…🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: